Total Tayangan Laman

Siapakah calon presiden 2014 ?

Rabu, 14 Maret 2012

RENCANA STRATEGIS PARTAI NasDem Kabupaten Klaten


PEMAHAMAN RESTORASI INDONESIA
Restorasi adalah gerakan untuk mengembalikan Pancasila sebagai jati diri Negara bangsa sebagai dasar kehidupan bersama. Restorasi Indonesia bertitik-tumpu pada perubahan pola pikir masyarakat Indonesia dari kepura-puraan menjadi keterusterangan!
Restorasi bermula sebagai gerakan perubahan untuk memperbaiki kondisi (Negara, bangsa, dan masyarakat) yang sedang rusak atau menyimpang dari tujuan yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945. Istilah ini popular sejak restorasi Meiji di Jepang yang merupakan jawaban bangsa Jepang terhadap demoralisasi dan liberalisasi agar mereka tidak kehilangan karakter dan maju menjadi bangsa yang maju. Gerakan Restorasi Indonesia meletakkan tujuan dan cita-cita dengan menjadikan Pancasila sebagai senjata spiritual, dan rakyat Indonesia sebagai senjata materialnya.
Kehidupan nasional Indonesia saat ini sudah berada pada titik yang mengkahwatirkan. Reformasi 1998 sebagai tonggak ikhtiar demokratisasi Indonesia ternyata menyisakan kekecewaan banyak orang. Demokratisasi menjadi rutinitas suksesi kekuasaan tanpa memunculkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas, visioner, dan layak diteladani. Neoliberalime begitu mantap mencengkeram ekonomi Indonesia, sementara jatidiri sebagai orang Indonesia pun semakin tercerabut.
Restorasi beraras pada, pertama, restorasi negara yang berupa upaya membangun keteladanan kepemimpinan, membangun karakter gotong royong sesuai dengan dasar negara, dan membangun kepercayaan rakyat terhadap institusi negara. Kedua, restorasi kehidupan rakyat yang berupa upaya membangun gerakan arus bawah atas prakarsa rakyat, yang membawa nilai-nilai kebajikan, spritualitas kebangsaan, solidaritas sosial, kearifan budaya lokal, dan etos kerja yang produktif. Ketiga, restorasi kebijakan internasional yang berupa upaya membangun keseimbangan baru dalam tata dunia yang lebih adil, damai dan menjaga kelestarian alam semesta.
Ada empat kata kunci dalam rumusan Restorasi Indonesia sebagai hasil Rapimnas I Partai NasDem. Empat kata kunci itu adalah:
  1. Memperbaiki
  2. Mengembalikan
  3. Memulihkan
  4. Mencerahkan
Source : situs partai NasDem
Berdasar dari pola pemikiran diatas maka kita melihat bahwa di Partai NasDem Kabupaten Klaten harus membuat rencana dan langkah-langkah strategis agar cita – cita restorasi Indonesia dapat terwujud dengan baik.  Disini  kita membagi 3 bagian penting Rencana Strategis sejalan dengan berjalannya dinamika politik partai yang mulai bergairah serta langkah-langkah implementatif yang sedikit banyak akan mempengaruhi Posisi Partai NasDem Kabupaten Klaten di Pemilu 2014 (target sementara di 2014), setelah tahun 2014 dirancang lagi rencana-rencana strategis lanjutan sesuai dengan permasalahan dan dinamika politik yang ada selama tidak merusak paham restorasi Indonesia
RENCANA STRATEGIS JANGKA PENDEK (2012) dalam PILAR MEMPERBAIKI DAN MENGEMBALIKAN
1.       Restorasi/Perubahan Struktur Organisasi dan revitalisasi kepengurusan di Tingkat Kabupaten (DPD Partai NasDem Kabupaten Klaten)
Alasan adanya Restorasi atau perubahan itu bisa dilihat dari munculnya banyak masalah yang timbul di tingkat kepengurusan DPD Partai NasDem Kabupaten Klaten(lampiran : tentang tuntutan DPC-DPC Partai NasDem Kaupaten Klaten tentang keinginan perubahan struktur DPD Partai NasDem Kbuapten Klaten dengan alasan-alasan yang jelas serta bukti-bukti yang bisa dipertanggung jawabkan)
Untuk selanjutnya dilakukan pemilihan kembali berdasar system dan mekanisme yang disepakati bersama berdasar kriteria-kriteria indicator yang disepakti bersama pula dalam musyawarah antar DPC-DPC Partai NasDem Kabupaten Klaten.
Dan hasil dari perubahan struktur segera disampaikan ke DPW untuk dilanjutkan sampai DPP untuk disyahkan dan DiSKkan dan diteruskan kepada KPU (dasar verifikasi Faktual), diharapkan selesai sebelum awal bulan april

2.       Menghadapi Verifikasi Faktual
Disinilah pengurus  DPD yang ada mulai bekerja untuk melakukan koordinasi dan konsolidasi terus menerus dengan DPC-DPC melalui rapat-rapat bulanan, turun ke DPC-DPC bahkan ke DPRt untuk mengecek semua (kantor,system administrasi,system informasi,sarana dan prasarana)berdasar indicator-indikator yang ada dalam penilaian verifikasi factual (membuat perencanaan sampai petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis serta melakukan simulasi-simulasi), melakukan langkah-langkah antisipasi terhadap segala macam gangguan dan hambatan yang berkenaan dengan verifikasi factual dari KPU Kabupaten, melakukan komunikasi secara terus menerus ( 2 arah)  untuk meng-up date setiap informasi yang ada
RENCANA STRATEGIS JANGKA MENENGAH (2013) dalam PILAR MENGEMBALIKAN DAN MEMULIHKAN
Setelah program rencana strategis jangka pendek tercapai, kita bisa sedikit rehat sejenak tetapi tetap terus menggali pemikiran untuk mengembangkan Partai NasDem kedepan, dimana paham perubahan tidak hanya sekadar lips service saja tetapi dengan membuat sebuah gebrakan program yang membumi dengan melibatkan seluruh elemen – elemen partai yang ada dari tingkat DPD,DPC,DPRt bahkan rayon serta melibatkan unsur lain dalam partai (simpatisan,anggota,kader) serta masyarakat pada umumnya, serta institusi-institusi Negara maupun swasta yang mendukung gerakan Perubahan ini disegala bidang (politik,ekonomi social,budaya,keagamaaan dll ) , dengan gerakan yang dirumuskan bersama-sama dengan membuat slogan yang membumi , demikian juga dalam pelaksanaannya, bisa dirasakan manfaatnya bagi kesejahteraan dan kemaslahatan kita bersama, sehingga tidak hanya berdampak secara lokal tetapi juga secara nasional, hal yang diharapkan akan menjadi contoh bagi daerah-daerah lain untuk mengembangkan konsep yang sama sesuai dengan paham perubahan menuju cita-cita restorasi Indonesia
Selain hal-hal diatas sudah melakukan pendaftaran bagi Caleg-Caleg yang nanti dicalonkan untuk menduduki kursi di DPR,DPRD TK l dan DPRD TK ll, untuk diajak bersama dalam mensukseskan program-program kerja dari Partai NasDem, dan mulai terjun ke masyarakat untuk mulai bekerja, sehingga nantinya akan lebih dikenal di masyarakat.
PROGRAM JANGKA PANJANG MENGHADAPI PEMILU 2014 (2014) Dalam PILAR PENCERAHAN
Tujuan dari partai tentu saja adalah mendapatkan kekuasaan yang berkeabsahan (kewenangan) dalam suatu Negara melalui Pemilu, kemenangan Pemilu tentu saja sesuatu yang diharapkan dari Partai NasDem di tahun 2014. Sebenarnya logika kemengan sudah terjadi apabila program-program jangka pendek dan menengah tercapai, karena janji kita untuk masyarakat sudah kita berikan melalui program jangka pendek dan jangka menengah, sehingga 2014 kita tinggal menagih janji dimasyarakat untuk mendukung partai NasDem  menang dalam  pemilu di tahun 2014. Disini langkah – langkah yang ditempuh tentu kita akan menghindari system money politik (counter dengan program-program partai dalam program jangka pendek,apabila masyarakat sudah mendapat manfaat, maka kecintaan masyarakat terhadap partai tidak bisa dibeli dengan uang), program harus bersifat sustainable dan berkelanjutan.
Tahun 2014 kita harus merapatkan barisan, komunikasi politik mulai intens tanpa harus menyisihkan program-program lain yang ada, pembinaan terhadap seluruh kader,anggota dan simpatisan terus dilakukan, sumber-sumber kekuatan yang ada dalam partai mulai dikerahkan, baik sumber daya manusia,potensi wilayah,sumber daya keuangan dan sumber-sumber daya yang lain yang mendukung.
Strategi-strategi yang lain juga harus mulai dipersiapkan, seperti mempersiapkan kader-kader yang nanti menjadi saksi dan pengawas dalam Pemilu (pendidikan dan pelatihan), perhitungan suara harus dikawal dengan ketat, kecurangan-kecurangan Pemilu jangan sampai terulang lagi dipemilu 2014, kita harus bisa mewakilkan paling tidak (minimal) 1 caleg lolos tiap Dapil, kalau di Kabupaten Klaten ada 5 Dapil, paling tidak Partai nasDem dapat 5 kursi di tingkat DPRD TK ll.  Apalagi kalau program-program pemberdayaan ekonomi dan politik dijalankan, Insya Alloh paling tidak 5-15 kursi atau bahkan lebih akan kita dapatkan.



















1 komentar:

  1. Program Untuk Sarana dan Prasana Pendidikan
    Partai Nasdem adalah sebuah jalan baru untuk melangkah menuju perubahan, banyak perubahan yang bisa dilakukan misalnya membangun gedung sekolah baru dimana masih terdapat ribuan gedung sekolah nyaris roboh di pelbagai wilayah di Indonesia. Data Kementerian Pendidikan Nasional (2007/ 2008) sungguh memprihatinkan yang menyatakan bahwa di Indonesia masih terdapat 161 ribu bangunan sekolah rusak. Dari jumlah itu, 45 persen di antaranya rusak berat dengan sudut kemiringan mendekati 90 derajat alias hampir ambruk. Kerusakan itu meliputi seluruh jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Detailnya, gedung SD yang rusak sebanyak 139.461, SMP 16.360 dan SMA 5.693 gedung.
    Dengan membagun dan memperbaiki gedung-gedung sekolah yang rusak dan bahkan yang hampir roboh merupakan satu langkah perubahan. Jika selama ini Partai Nasdem banyak mengeluarkan dana untuk memperkenalkan Partai ini kepada rakyat melalui media yaitu dengan bentuk iklan, alangkah baiknya jika dana tersebut dialihkan untuk membagun gedung-gedung sekolah yang seperti yang disebutkan diatas. Sebab jika langkah seperti ini diambil dan dijadikan sebuah program oleh Partai tentu Partai ini akan lebih dikenal, didengar dan lengket diingatan serta hatinya sebab program yang dijalankan langsung bisa dirasakan oleh rakyat baik itu dampak dan manfaatnya dari keberadaan partai itu sendiri, bila dibandingkan dengan iklan-iklan yang rakyat hanya bisa melihat dan mendengarkannya saja tanpa bisa merasakan efek dan dampaknya secara langsung.
    Sebuah Partai besar bukanlah Partai yang hanya menggunakan iklan-iklan dan slogan untuk memperkenalkannya kepada rakyat. Partai yang besar pula bukanlah partai yang melakukan perubahan ketikan Partai itu menang dan berkuasa. Akan tetapi sebuah Partai yang besar adalah Partai yang menjalankan kebijakan yang bisa dilakukan secara langsung dan hasilnya dapat dirasakan langsung oleh rakyat tu sendiri dan Partai yang besar pula adalah Partai yang melakukan perubahan sejak Partai itu didirikan.
    Berangkat dari sanalah kepada semua kader dan pimpinan Partai Nasdem termaksud saya juga didalamnya mari kita melakukan perubahan, salah satunya adalah melakukan perbaikan, renopasi dan pembangunan terhadap gedung-gedung sekolah yang sudah sangat memprihatinkan seperti yang disebut diatas.
    Salam Restorasi….
    Kader Partai Nasdem : Jamaluddin
    Hp : 082161789738

    BalasHapus